Kamis, 03 September 2015

ini kota asalku


Ciri khas dari Jombang adalah terdapat icon RINGIN CONTONG mempunyai arti sebuah pohon yang tumbuh di ujung jalan yang berbentuk kerucut atau contong. Dan terkenal dengan kota santri karena di kota Jombang terdapat banyak pondok pesantren.
Di Jombang juga terdapat taman kota yang terkenal dengan keplak sari. Yang terdapat pesawat buatan dan berbagai bentuk hewan dan tumbuhan dari bahan baku barang-barang daun ulang yang menyerupai aslinya.Dan juga alun-alun Jombang yang di kelilingi dengan masjid agung, kantor bupati, SMANSA, SMKN2 Jombang dan juga stasiun kereta api. Di tepi jalan raya kota Jombang juga terdapat bacaan asmaul husna.
Kesenian khas Jombang adalah jaranan dor (sandor) yang suda ada sejak penjajahan Belanda. Kesenian jaranan dor merupakan kesenian tradisional kuda lumping asli dari Jombang, Jawa Timur. Perbedaan sandor dengan kesenian kuda lumping lainnya adalah alat musik jidor jika alat musik itu dipukul maka akan berbunyi dor. Adapun alat musik lainnya adalah kendang dan sepasang kuda lumping yang terdiri dari tiga kumpling dengan ukuran yang berbeda juga beragam bunyinya.  Yang berukuran besar disebut dengan Thong, yang berukuran kecil disebut dengan ketipung. Namun dengan perkembangan waktu musik jaran sandor ini di tambah dengan alat-alat musik gong lainnya.
        Seni jaranan sandor ini biasa di tampilkan dengan beberapa penari pengiring, yang biasa di sebut dengan bantengan, topeng dan tari jepapok,  dan tari jaranan.
        Tarian sandor ini biasa di tampilkan pada acara-acara hajatan atau  acara penyambutan tamu penting lainnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar